News

Jasamarga Bali Tol Siapkan Strategi Siaga Wisata Nataru, Antisipasi Lonjakan Lalu Lintas

Suasana jalan tol Bali Mandara. (ist)

MANGUPURA – sightseeingbali.id

Mobilitas arus lalu lintas saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), di Jalan Tol Bali Mandara, diprediksi akan mengalami lonjakan. Mengingat saat libur Nataru, menjadi momentum masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun. 

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT), I Ketut Adiputra Karang, prediksi puncak arus wisata, diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 Desember dan 29 Desember 2023, dengan perkiraan jumlah kendaraan mencapai 49 ribu pada tanggal 22 Desember dan 50 ribu pada tanggal 29 Desember 2023.

Sebagai langkah antisipasi, Adi memberikan arahan kepada para petugas agar saling berkoordinasi, bersinergi, dan berkolaborasi guna memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan selama masa tersebut. Selain itu, Adi memberikan himbauan kepada seluruh pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu, mengikuti arahan petugas, dan membawa kartu elektronik dengan saldo yang cukup untuk mengurangi antrian panjang di gerbang tol.

“Untuk memastikan keselamatan pengendara, seluruh petugas akan saling berkoordinasi menjaga situasi tol agar tetap aman dan nyaman bagi pengendara. Saya juga menghimbau kepada pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu dan arahan dari petugas, serta selalu membawa kartu elektronik dengan saldo yang cukup demi menjaga ketertiban dan keselamatan berkendara di jalan tol Bali Mandara,” kata Adi saat apel Satuan Tugas (Satgas) Nataru 2023, di Kantor Pull Ruas Jasamarga Bali Tol, Kamis 21 Desember 2023. 

Pihaknya berharap agar kondisi lalu lintas dapat tetap berjalan dengan lancar selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dalam upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang kembali muncul, Adi menghimbau seluruh petugas untuk melaksanakan tugas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Langkah ini merupakan bentuk komitmen PT JBT dalam menjaga keamanan dan kelancaran berkendara para pengguna jalan.

Baca Juga:  Ratusan Investor Global dan Domestik Komitmen Berinvestasi di IKN Nusantara

Satgas Jasamarga Bali Tol Siaga dibentuk sebagai langkah antisipasi untuk menyusun strategi pelayanan operasi yang matang, guna menjadikan perjalanan wisata aman dan berkesan. “Fokus utama Satgas melibatkan persiapan pelayanan operasi di gerbang tol dan sepanjang jalur tol, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), memastikan seluruh fasilitas dapat berfungsi dengan optimal, pembatasan kegiatan konstruksi selama masa layanan operasional, pengendalian kepadatan lalu lintas, serta memastikan kebersihan dan fasilitas layanan yang memadai,” ucapnya.

Selain pembentukan Satgas, PT JBT juga menyiapkan Armada serta Posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang terletak di Kantor Pull Ruas PT Jasamarga Bali Tol sebagai bagian dari strategi siaga wisata. Armada yang dikerahkan mencakup 2 unit Kendaraan Patroli, 1 unit Mobil Ambulance, 2 unit Mobil Derek, dan 1 Unit Mobil Rescue. Armada dan Posko yang dibentuk akan beroperasi selama 24 jam setiap harinya, menjadikannya pusat koordinasi untuk merespon dengan cepat setiap keadaan darurat dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh pengguna jalan.

“Armada dan petugas yang berjaga di posko selalu siap siaga membantu memastikan keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jalan, serta memberikan respon cepat dalam situasi darurat. Para petugas di Posko akan secara proaktif memantau kondisi lalu lintas dan memberikan bantuan kepada pengguna jalan yang memerlukan pertolongan,” Ujar Adi. 

Selain persiapan operasional, Jasamarga Bali Tol juga telah menyusun strategi komunikasi dan manajemen informasi kepada pengguna jalan tol. Himbauan dan panduan perjalanan akan disampaikan melalui channel resmi Jasamarga Bali Tol, termasuk Call Center 14080, aplikasi Travoy, dan akun resmi media sosial perusahaan. Hal ini merupakan komitmen PT Jasamarga Bali Tol dalam memberikan layanan informasi yang cepat, tepat, dan akurat bagi masyarakat.

Baca Juga:  Ketua Umum AGII Periode 2024-2025 Rachmat Harsono, Gaungkan Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045

Adi mengingatkan tim Satgas untuk tetap mengantisipasi dengan ketat serta menerapkan protokol kesehatan yang baik, sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan pemerintah, guna mewujudkan perjalanan wisata yang aman dan berkesan. (SSB)

 

Anda Juga Menyukai

News

Lonjakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai, Sinyal Kebangkitan Pariwisata Bali

MANGUPURA – sightseeingbali.id Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, mencatatkan sebanyak 12.522.400 penumpang domestik maupun internasional selama tahun
News

Imigrasi Ngurah Rai, Buka Layanan Paspor Akhir Pekan dan Eazy Passport

MANGUPURA – sightseeingbali.id Layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport khusus kelompok rentan, kembali digulirkan Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi). Kegiatan
Translate »