DENPASAR – sightseeingbali.id
Sanur Village Festival (SVF) yang merupakan event budaya dan promosi pariwisata Bali, kembali digelar, pada 19-23 Juli 2023 di Pantai Matahari Terbit, Denpasar. SVF ke-16 tahun 2023 ini, mengambil tema Amrta Sagara, yang berarti laut merupakan sumber kehidupan. Tema ini sangat sesuai dengan kondisi Sanur yang identik dengan masyarakat pesisir, di mana hampir segala aktivitas bertalian dengan laut, di antaranya aktivitas pariwisata, kegiatan sosial ekonomi, ritual keagamaan, dan lainnya.
Tahun ini, selain menampilkan potensi seni budaya, UMKM, pariwisata lokal Sanur, juga akan menghadirkan sejumlah musisi tanah air dan artis nasional, untuk menarik animo masyarakat menyemarakkan SVF.
Pada event kali ini, AstraPay yang merupakan platform e-money dan digital payment bagian dari Grup Astra, berpartisipasi sebagai sponsor utama di Sanur Village Festival 2023. Melalui dukungan dari AstraPay ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bali, dengan memberikan pengalaman bertransaksi digital yang mudah, nyaman dan tentunya memberikan banyak keuntungan sepanjang acara.
“Acara besar seperti ini merupakan salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi AstraPay untuk mengedukasi masyarakat mengenai kenyamanan bertransaksi secara digital,” kata Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana, saat memberi keterangan pers, Selasa 18 Juli 2023.
Lebih lanjut kata Rina, event ini juga bermanfaat bagi para UMKM yang berpartisipasi di acara ini. Yang mana, pihaknya berharap, para UMKM dapat memanfaatkan pembayaran secara digital ini, sehingga dapat bertransaksi tanpa memikirkan masalah uang kembalian ataupun uang hilang, serta seluruh transaksi dapat tercatat dengan rapi dan lengkap. “Uang hasil penjualan akan masuk langsung ke rekening penjual,” bebernya.
Sementara itu, Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay, Reny Futsy Yama, menuturkan, jumlah target transaksi menggunakan AstraPay pada acara kali ini yaitu 50.000 transaksi. Target itu dikatakannya, akan datang dari pembelian makanan, minuman dan tiket masuk. Dari event ini, AstraPay juga turut mengedukasi para UMKM untuk menggiatkan transaksi digital agar para pengusaha dapat mempunyai catatan transaksi keuangan yang valid sehingga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung yang akan mempermudah pebisnis mendapatkan permodalan dari institusi keuangan.
“Kemudahan transaksi menjadi satu hal penting dalam sebuah event. AstraPay sebagai sponsor utama memberikan berbagai promo mulai dari pembelian tiket offline dengan potongan Rp 5 ribu,” kata Reny.
Promo menarik lainnya adalah, voucher cashback sebesar total Rp 250 ribu untuk setiap user yang melakukan top up saldo AstraPay minimal sebesar Rp 100.000, juga terdapat cashback sebesar 20% untuk seluruh transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di AstraPay Sanur Village Festival 2023.
Untuk diketahui, AstraPay yang merupakan platform e-money dan digital payment bagian dari Grup Astra, membukukan pertumbuhan kinerja positif sejak beroperasi di Februari 2020 hingga pertengahan tahun 2023. AstraPay berhasil mencatatkan pertumbuhan nilai gross transaction value (GTV)* sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp51.8 triliun, naik 4 kali lipat dibanding pencapaian di Juni 2022.
Selain itu, pertumbuhan juga dapat dilihat dari jumlah pengguna yang telah terdaftar di aplikasi AstraPay, yaitu telah mencapai lebih dari 10 juta pengguna pada Juni 2023, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 pertumbuhan ini meningkat 2 kali lipat.
Pertumbuhan kinerja ini didukung dengan perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi. Inklusi pembayaran digital yang meningkat di masyarakat Indonesia mendorong pertumbuhan nilai GTV AstraPay yang meningkat secara signifikan. (SSB)