MANGUPURA – sightseeingbali.id

Charter Flight perdana dari Shenzhen Tiongkok ke Denpasar, tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu 22 Januari 2023, berbarengan dengan tahun baru Imlek. Pesawat Lion Air nomor penerbangan JT2648, mendarat sekitar pukul 10.40 WITA, yang  mengangkut 210 orang penumpang, dengan rincian, 191 penumpang dewasa, 17 anak, dan 2 infant. 

Ratusan penumpang perdana dari Tiongkok yang tiba di Bali, pasca pandmei Covid-19 ini, disambut di depan depan Gate 1 terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pada penyambutan ini, penumpang yang tiba, dilakukan pengalungan bunga oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, bersama Deputi Bidang Pemasaran dan Pimpinan K/L terkait.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bali, Wayan Koster, menyampaikan bahwa kedatangan wisatawan dari Tiongkok ini, merupakan satu capaian luar biasa. Tanggal 16 November 2022 saat melepas Presiden Tiongkok pada kegiatan G20, sempat disampaikan agar berkenan membuka dan memberikan ijin kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali. 

Dikatakan, tahun 2019 lalu Tiongkok menduduki peringkat ke 2 kedatangan internasional ke Bali. Bahkan, pada tahun sebelumnya, Tiongkok  pada posisi puncak kedatangan wisman ke Bali. Pihaknya berharap, momentum kali ini, Bali dapat mencapai target 4,5 juta kedatangan wisman ke Bali.

General Manager Angkasa Pura Handy Heryudhitiawan menyampaikan, penerbangan pesawat dari Tiongkok memang ditunggu kedatangannya ke Bali. pihaknya berharap, semoga kedepannya Tiongkok menjadi penumpang terbanyak kembali yang datang ke Pulau Dewata Bali.

Sementara itu, Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini mengucapkan terima kasih atas penyambutan penumpang charter flight pertama dari Tiongkok ini. Untuk tahun 2023 ini, target penumpang dari Tiongkok, akan masuk 280.000 penumpang, namun kemungkinan akan tercapai melebihi dari target tersebut.

Konsulat Jenderal China memberikan ucapan terima kasih atas acara penyambutannya. Hal ini kata dia, menunjukkan upaya penuh pemerintah dan harapan besar dari masyarakat Bali atas kedatangan wisatawan Tiongkok ke Bali.

Tanggal 20 Januari 2023 pemerintah Tiongkok menyampaikan pembukaan border, dan penerbangan perdana hari ini ke Bali merupakan perjalanan percontohan bagi pemerintah Tiongkok. “Pemerintah Tiongkok akan memperdalam kerja sama dalam bidang pariwisata dan mendukung pemerintah Bali untuk menumbuhkan ekonomi Bali. Mewakili pemerintah Tiongkok, mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2023,” ucapnya.

Kakanim Ngurah Rai Sugito mengatakan Seluruh penumpang charter flight dari Shenzhen Tiongkok ke Denpasar ini, diberikan ijin masuk dengan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK) atau Visa on Arrival (VoA). Melalui kedatangan charter flight ini dan mulai banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali, diharapkan dapat membantu perekonomian Bali untuk segera pulih kembali.

“Saat ini, Kantor Imigrasi Ngurah Rai sedang menyiapkan 36 perangkat tambahan yang akan digunakan dalam proses pemeriksaan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Perangkat tersebut akan diprioritaskan pada area kedatangan guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang datang,” bebernya.  (SSB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *