AMLAPURA – sightseeingbali.id 

Setelah dilanda pandemi Covid-19, turis asal Tiongkok diyakini bakal banyak berdatangan ke Bali. Apalagi saat ini, border internasional dari Tiongkok, telah dibuka sejak 8 Januari 2022.

Bahkan tanggal 22 Januari 2023, penerbangan perdana dari Tiongkok telah tiba di Bali dengan mengangkut ratusan turis. Tentu hal ini menjadi momen kebangkitan pariwisata Bali. 

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem, I Wayan Kariasa, dengan telah mulainya turis Tiongkok yang berkunjung ke Bali, Kabupaten Karangasem yang berada di timur Bali, juga mulai kecipratan kunjungan. Meski jumlahnya yang tidak terlalu banyak, kunjungan ini juga belum mempengaruhi tingkat hunian hotel maupun penginapan di Karangasem. “Bookingan kamar hotel di Karangasem dari turis Tiongkok, masih minim, baru 1-2 orang saja yang menginap,” katanya, Jumat 27 Januari 2023.

Lebih lanjut kata dia, turis dari Negeri Tirai Bambu ini, banyak datang ke obyek wisata, seperti Tirta Gangga, Taman Ujung, hingga Lempuyang. Tak hanya itu, peningkatan kunjungan ini juga terlihat di sejumlah restoran di Karangasem.

“Semenjak kedatangan turis asal China, kunjungan wisatawan ke Karangasem meningkat sekitar 50 orang per hari, dan ini sangat bagus sebagai awal, karena baru beberapa turis China yang datang ke Bali,” bebernya. 

Memang diakuinya,  okupansi hotel atau penginapan, belum terdampak. Meski demikian, pihaknya optimistis, apabila kunjungan turis dari Tiongkok ini terus berlanjut terutama dalam 2-3 bulan ke depan, tentu pihaknya optimis akan mendongkrak tingkat hunian kamar hotel di Karangasem. (SSB1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *