AMLAPURA – sightseeingbali.id

Paguyuban Umat Hindu BUMN Bali, menggelar kegiatan sosial, dalam rangka menyambut hari raya Nyepi, saka 1945, tahu 2023. Kegiatan sosia yang dilakukan, selain diisi dengan penanaman pohon Upakara (upacara), juga diisi dengan penyerahan bantuan Tali Kasih, kepada Pinandita di dua tempat, yaitu di Pura Andakasa, dan di Pura Batukaru, Sabtu 18 Maret 2023. 

Acara yang dipusatkan di Pura Andakasa, Karangasem, Bali, tersebut merupakan kolaborasi antara Umat Hindu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bali, dengan Pengempon Pura dan Desa Adat Setempat.

Menurut Kelian Pengempon Pura Andakasa, Ketut Dresta, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Paguyuban Hindu BUMN Bali, yang sudah membantu meringankan pengempon dalam kegiatan hari ini.

“Pada Prinsipnya, tiang selalu kelihatan pengempon Pura Andakasa, mengucapkan terima kasih, semoga apa yang diperbuat oleh Paguyuban Hindu BUMN Bali ini, baik penanaman pohon dan sebagainya itu bisa berkembang, nanti pihak pengempon siap merawat dan memelihara bersama-sama pengempon,” tegasnya, Sabtu 18 Maret 2023, sembari mengungkapkan kalau nantinya pohon-pohon ini akan ditanam di Areal Pura termasuk di Laba pura.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Hindu BUMN Bali, Dewa Kadek Rai, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu Rangkaian menyambut hari raya Nyepi tahun Baru Saka 1945, tahun 2023. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa penanaman pohon upakara, dan penyerahan tali kasih Pinandita dan penyaluran paket sembako kepada pengempon pura andakasa.

“Hari ini kami dari paguyuban umat hindu BUMN Bali, melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang terkait pemenuhan Upakara. Pohon yang kami tanam hari ini berupa beberapa jenis pohon kelapa, dan upakara lainya seperti pohon rijasa dan juga pohon Nagasari. Harapannya beberapa tahun kemudian pohon ini tumbuh besar yang nantinya meringankan beban pengempon memenuhi sarana upakara,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan bantuan berupa 40 paket sembako untuk pengempon pura andakasa dan Bantuan Tali Kasih kepada Pinandita. Selain di pura Andakasa, kegiatan yang sama seperti penanaman pohon dan tali kasih pinandita, juga dilaksanakan bersamaan di Pura Batukaru tabanan.

Dewa Rai menambahkan, kegiatan Yadnya ini merupakan serangkaian menyambut Hari Raya Nyepi 2023 yang diawali dengan Tirtayatra tanggal 25 Februari 2023 lalu, dan kegiatan puncak yaitu Dharma Santi Nyepi yang direncanakan tanggal 25 Maret 2023 dengan melibatkan 700 peserta dari seluruh BUMN yang ada di Bali. (SSB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *