TABANAN – sightseeingbali.id

Yang suka berwisata Kebun Edukasi sambil Rekreasi bersama keluarga, Dusun Bedugul Asri sangat cocok untuk dikunjungi. Dengan suasana dusun pertanian terpadu di Banjar Kembang Mertha, Desa Candi Kuning, kawasan Dusun Bedugul Asri, berada di antara dataran tinggi yang sejuk, perbukitan yang subur, serta danau-danau di kawasan Bedugul, Bali Utara. Destinasi ini tentunya akan membawa kita untuk bernostalgia dengan suasana dusun yang bersahaja, saat berkumpul bersama keluarga atau kolega. 

Menurut Founder & Chairman Dusun Bedugul Asri, Vincentius Lianto, Dusun Bedugul Asri ini, juga cocok sebagai tempat untuk berakhir pekan, menghilangkan kepenatan dan kejenuhan sehari-hari. Dengan panorama perbukitan yang hijau sepanjang tahun, danau yang membiru di sekeliling desa dengan warganya ramah dan bersahabat, Dusun Bedugul Asri memperkenalkan kembali suasana desa pertanian dengan pendekatan baru yang menyenangkan dan edukatif khususnya bagi generasi muda.

“Dengan cita-cita ingin menjadi berkat bagi sesama, Dusun Bedugul Asri menggandeng masyarakat desa setempat untuk bersama-sama menggerakkan ekonomi, sekaligus menciptakan ekosistem desa wisata berbasis pertanian bagi turis domestik maupun mancanegara,” kata Vincentius Lianto, saat ditemui di sela peresmian pasar rakyat Dusun Bedugul Asri, Jumat 14 April 2023.

Cemara Sunday Market (CSM)

Dalam rangka mewujudkan visi menggerakkan ekonomi lokal tersebut, Dusun Bedugul Asri mengadakan kegiatannya yang telah dirintis sejak awal masa pandemi Covid-19, dan membantu memasarkan hasil panen petani lokal melalui berbagai kegiatan yang diberi nama Cemara Sunday Market, serta melalui aplikasi marketplace online dengan nama yang sama. Cemara Sunday Market merupakan semacam farming market atau bazar hasil pertanian yang diadakan setiap akhir pekan yang direncanakan setiap Jumat sampai dengan Minggu, di Dusun Bedugul Asri sebagai tempat berkumpulnya para petani lokal untuk menjual dan menawarkan hasil panen mereka secara langsung kepada pembeli yang datang dari berbagai penjuru pulau Bali. 

“CSM menyediakan ruang terbuka yang nyaman bagi para petani dan pengunjung untuk bertemu muka dan berinteraksi secara alami. Cemara Sunday Market adalah tempat semua orang berkumpul dan saling mengenal, menikmati makanan, budaya, dalam suasana kebersamaan,” ucapnya.

Cemara Sunday Market juga diramaikan oleh berbagai produk dan merek lokal maupun dari luar Bedugul yang mempromosikan produk unggulan mereka di bazar pameran atau stand-stand popup. Keberadaan Cemara Sunday Market juga mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sekitar Dusun Bedugul Asri sejak terjadinya pandemi yang kala itu kesulitan menjual hasil pertanian mereka karena banyak hotel dan restoran tidak beroperasi ketika itu.

“Kami sangat senang dengan adanya Cemara Sunday Market karena petani dapat bertemu langsung dengan pembeli sehingga buah dan sayur kami dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya. Terlebih menggunakan aplikasi, hasil panen kini tersedia setiap hari dan dapat dijual lebih cepat dengan harga yang lebih baik, bahkan tanpa potongan sama sekali, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Kepala Desa Candi Kuning, Made Muditha.

Menjadi Berkat Bagi Sesama

Tidak hanya kepada masyarakat di sekitarnya, Dusun Bedugul Asri juga peduli terhadap lingkungan. Dibangun dengan mempertimbangkan berbagai aspek sustainability, mulai dari sourcing atau pengadaan untuk restoran Dapur Cemara yang menggunakan bahan-bahan lokal, pemilihan material bangunan yang tidak korosif dan ramah lingkungan, hingga perencanaan arsitektur tanpa mengubah struktur tanah sebagaimana tampak pada Jembatan Cemara. 

“Di tengah udara Bedugul yang sejuk dan dikelilingi alam yang mempesona, memasuki Dusun Bedugul Asri seperti kembali ke masa indah penuh nostalgia akan alam pedesaan pertanian, disambut oleh orang-orang desa yang hangat dan bersahabat,” kata Vincentius. “Semua yang kami lakukan di Dusun Bedugul Asri dibangun dengan harapan pada waktunya nanti membawa kemakmuran bagi seluruh warga desa Candi Kuning,” lanjut Vincentius Lianto.

Kawasan Dusun Bedugul Asri.

Fasilitas di Dusun Bedugul Asri

Di samping akomodasi berupa 8 buah unit villa keluarga yang elok dan asri, bertema suasana desa pertanian, Dusun Bedugul Asri juga memiliki fasilitas seperti restoran Dapur Cemara dengan pilihan menu Asian dan Western berkapasitas 150 tempat duduk indoor dan outdoor, dengan harga yang wajar dan terjangkau berbanding kualitasnya, lengkap dengan lounge dan Wine and Tea pavilion tempat bersantai yang indah. 

Di halaman terdapat juga hamparan kebun bunga yang indah dengan hiburan show dancing water fountain yang menarik, diharapkan menjadi tempat ideal bagi berbagai kegiatan seperti meeting, gathering, pernikahan atau perayaan ulang tahun.

Selain itu juga terdapat green house modern dengan konsep urban farming, yaitu berupa bangunan multifungsi yang mengajak pengunjungnya melakukan perjalanan ke virtual farming untuk melihat bagaimana pertanian telah menjadi sumber penghidupan masyarakat Bali khususnya di daerah Bedugul ini sejak dahulu kala. 

Tidak lupa Warung Cemara yang merupakan representasi misi dari Dusun Bedugul Asri untuk berbagi dengan sesama. Di sini tersedia berbagai masakan hari-hari yang bahan bakunya dari hasil pertanian penduduk setempat, selain sebagai sarana kantin bagi karyawan-karyawannya, juga bisa dinikmati oleh penduduk sekitar atau siapapun juga dengan tanpa mengambil keuntungan dari penjualan makanan tersebut, bahkan bila kebetulan ada saudara kita yang kurang mampu tetap akan dilayani tanpa melihat daya belinya. Warung cemara selain dimaksudkan untuk berbuat baik, juga memberikan kesempatan orang lain untuk berbuat baik dengan berbagi kepada sesama.

Bupati Tabanan, Dr. komang Gede Sanjaya.

Bupati Tabanan, Dr. komang Gede Sanjaya hadir langsung pada peresmian pasar rakyat Dusun Bedugul Asri, juga sangat mengapresiasi keberadaan destinasi baru ini. Pasalnya kata Sanjaya, apa yang menjadi inovasi atau terobosan ini, sudah selaras dengan visi misi kabupaten Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani. Salah satunya membangun sektor sandang, pangan dan papan, “Ketika ada unit usaha datang investasi dan berkolaborasi dengan petani, tentu kami pemda tabanan sangat mengapresiasi,” katanya.

Apalagi selama covid-19, sektor pertanian juga berdampak karena pariwisata menurun, kini dengan bangkitnya pariwisata lagi dan unit usaha didorong, bagaimana petani bisa menjual hasil produksinya. “luar biasa sekali ini, bahkan ada market dibuka untuk umum disini sehingga pelancong dapat membeli hasil pertanian lokal secara langsung,” ucapnya.

Tantowi Yahya.

Terobosan yang dilakuka Vincentius Lianto untuk mengembangkan Dusun Bedugul Asri ini, juga mendapat dukungan sejumlah sahabat seperti Tantowi Yahya. Ditemui di lokasi pasar rakyat, Tantowi Yahya mengungkapkan bahwa, selama hampir 25 tahun bersahabat baik, memang benar yang bersangkutan tidak hanya bicara tentang keinginan membantu para petani. Namun kata dia, hal itu bener-benar direalisasikannya, seperti melalui keberadaan Dusun Bedugul Asri ini.. “Inovasinya sangat luar biasa, ia memberikan kontribusi luar biasa bagi masyarakat dengan wujud pengabdian dan kecintaan pada Bali khususnya petani, dan karakternya memang seperti itu, tekad membantu para petani sangat kuat,” sanjungnya.

Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Badrodin Haiti.

Senada juga disampaikan sahabat lainnya yakni Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Badrodin Haiti, mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ini juga mengaku sangat mengapresiasi gagasan pendirian Dusun Bedugul Asri. Bahkan ia mengaku sempat menginap semalam di lokasi ini dan dirasa sangat cocok sebagai tempat rekreasi sekaligus memberdayakan ekonomi sekitar.

“udara cukup bagus, pemandangan bagus ada view gunung dan lahan pertanian serta danau itu memberikan satu kesejukan dan kenyamanan buat menginap disini,” terangnya. 

Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si.

Sementara itu, Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., yang juga hadir dalam kesempatan kali ini mengakui kalau keberadaan Dusun Bedugul Asri ini, yakni tentunya sesuai harapan pendiri dapat melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar bedugul. Ia meyakini keberadaan Dusun Bedugul Asri ini, akan semakin mensejahterakan masyarakat, yang efeknya pada suasana kamtibmas akan lebih baik. “Dari jajaran kepolisian tentu akan membackup sepenuhnya kegiatan disini sehingga masyarakat atau wisatawan yang akan datang ke lokasi ini akan merasakan rasa aman dan nyaman,” ujarnya. (SSB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *