MANGUPURA – sightseeingbali.id

SOL by Melia Benoa, melakukan berbagai langkah proaktif untuk melindungi planet dan mempromosikan pelestarian lingkungan melalui berbagai inisiatif berkelanjutan. Upaya ini dilakukan pihak Hotel yang berlokasi di kawasan Kelurahan Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali, dalam mendukung hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2023.

Menurut Cluster General Manager SOL by Melia Benoa, Yeni, di SOL by Melia Benoa, pihaknya percaya bahwa setiap hari adalah Hari Bumi. Untuk itulah, pihaknya berdedikasi untuk meminimalkan jejak ekologi dan mempromosikan praktik ramah lingkungan di semua aspek operasi yang dilakukan. 

“Kami menyadari bahwa hotel memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan, dan kami berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan kami dan mempromosikan praktik berkelanjutan dalam operasi kami dan di antara para tamu kami,” kata Yeni, di sela kegiatan bersih pantai sekaligus penanaman pohon di sekitar kawasan Hotel, Jumat 21 April 2023.

Lebih lanjut ia merinci, beberapa inisiatif yang telah diterapkan untuk merayakan Hari Bumi antara lain, konservasi Energi dengan telah memasang lampu hemat energi, dan sensor gerak, di area umum untuk meminimalkan konsumsi energ, serta penggunaan gas ramah lingkungan (LNG). Kemudian, pengurangan Sampah, dengan menerapkan pengurangan plastik sekali pakai untuk meminimalkan timbulan sampah dan mempromosikan daur ulang. 

Selanjutnya, dengan mengelola Limbah Makanan, melalui Scholars of Sustenance dan membantu menciptakan pemerataan pangan yang baik melalui penyediaan makanan bernutrisi tinggi yang didistribusikan ke masyarakat yang paling membutuhkan. Keempat, pendidikan Tamu, dengan meningkatkan kesadaran di antara tamu, tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam inisiatif berkelanjutan. 

“Kami percaya bahwa melindungi planet kita adalah tanggung jawab bersama, dan kami berkomitmen untuk melakukan bagian kami sebagai pelaku bisnis perhotelan yang bertanggung jawab,” tegas Yeni. 

Pihaknya merasa sangat senang merayakan hari bumi dengan menerapkan inisiatif berkelanjutan yang berkontribusi pada kesejahteraan planet, dan menginspirasi tamu dan karyawan untuk menerapkan praktik ramah lingkungan. “Untuk properti kami yang lain yaitu SOL by Melia Kuta juga menerapkan praktik ramah lingkungan seperti penggunan lampu sensor cahaya di area umum untuk menghemat energi, serta menggunakan QR Code pada beberapa menu yang dapat mengurangi penggunaan limbah kertas,” ucapnya.

Dalam rangka menyambut hari bumi, pihaknya memiliki kegiatan khusus antara lain membersihkan pantai, melukis tas bertema hari bumi untuk kegiatan anak-anak, membuat bunga menggunakan kantong plastik, Pesan & Kesan tentang hari bumi di papan tulis (oleh staf & tamu) dan lilin berbentuk bumi. “SOL by Melia Benoa bangga menjadi bagian dari gerakan global untuk melindungi planet kita dan mempromosikan praktik berkelanjutan. Kami mendorong para tamu, mitra, dan komunitas untuk bergabung bersama kami dalam merayakan Hari Bumi dan memberikan dampak positif bagi lingkungan kita,” ucapnya mengakhiri. (SSB) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *