DENPASAR – sightseeingbali.id

Sepanjang tahun 2022, BRI Regional Office Denpasar kembali mencatatkan angka penyaluran KUR yang menggembirakan. Yang mana, KUR Mikro BRI di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, terserap hingga Rp 12,4 Triliun atau 100,57% dari target yang ditetapkan. 

Seperti yang disampaikan Regional CEO BRI Denpasar, Recky Plangiten, respon positif dari masyarakat akan kehadiran KUR dengan suku bunga rendah ini, menyebabkan penyerapan KUR di wilayah Bali, NTB, dan NTT dapat dimaksimalkan. Respon tersebut disambut baik oleh BRI dengan memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan KUR baik yang diajukan melalui Unit Kerja BRI maupun secara online. Dari data yang dimiliki, penyerapan KUR di Wilayah Bali, NTB, dan NTT, sepanjang tahun 2022, sebagian besar didominasi oleh sektor produktif.

Dengan capaian yang bagus di tahun 2022 lalu, untuk tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan menyalurkan KUR Mikro sebesar Rp 6 Triliun untuk wilayah Bali, NTB, dan NTT. Pihaknya optimistis, jumlah ini dapat diserap dengan cepat, karena masih tingginya antusiasme masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka. Apalagi kata Recky, suku bunga yang ditawarkan sangat rendah, mulai 6 persen per tahun dengan jangka waktu maksimal sampai dengan 5 tahun. 

“Segmen penyalurannya masih sama, bisa untuk pertanian, perikanan, industri pengolahan, konstruksi, pertambangan garam rakyat, pariwisata, jasa, maupun perdagangan,” kata Recky, Kamis 25 Mei 2023.

Untuk diketahui, syarat pengajuan KUR Mikro BRI sangat mudah. Masyarakat bisa datang ke unit kerja BRI dengan membawa Identitas diri  seperti E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (bagi yang sudah menikah), IUMK atau Surat Keterangan Usaha atau Surat Keterangan Domisili Usaha dan rekomendasi atau izin lain yang diperlukan. Alternatif lainnya, masyarakat bisa mengajukan melalui kurbali.com yang merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali, OJK Regional 8 Bali Nusra, dan Bank penyalur untuk memfasilitasi masyarakat mengajukan KUR lewat online. 

Selain itu, pengajuan KUR online juga bisa melalui kur.bri.co.id. Cara online ini lebih praktis karena masyarakat tidak perlu datang ke Bank saat pengajuan. Cara lainnya yaitu melalui Agen BRILink, dimana dokumen pengajuan nantinya akan direferensikan oleh Agen BRILink kepada petugas BRI untuk diproses. 

Dalam memproses permohonan kredit, BRI senantiasa menerapkan prinsip kehati-hatian dan berpedoman pada Good Corporate Governance. BRI juga akan menindak tegas siapapun oknum pekerja BRI maupun yang oknum yang mengatasnamakan BRI dan menyalahgunakan kewenangan, sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. (SSB/r)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *