MANGUPURA – sightseeingbali.id

Maskapai Emirates yang menggunakan pesawat terbesar di dunia airbus A380, mendarat perdana di Bandara Ngurah Rai, Kamis 1 Juni 2023. Seremonial water salute menjadi penyambutan khusus yang diberikan untuk pesawat berukuran jumbo, yang tiba sekitar pukul 16.35 Wita.

Kedatangan penumpang langsung disambut pengalungan bunga oleh Gubernur I Wayan Koster bersama Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang sekaligus menjadi Ketua PHRI Bali, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia YM Abdulla Salem AlDhaheri, Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas, Staf Khusus untuk Urusan Ekonomi dan Investasi Transportasi Menteri Perhubungan Republik Indonesia Prof. Wihana Kirana Jaya, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Ni Made Ayu Marthini, Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Faik Fahmi dan Chief Executive Officer (CEO) VFS Global Zubin Karkaria.

Dalam sambutannya, Gubernur Wayan Koster mengaku sangat bahagia atas pendaratan perdana maskapai Airbus A380 milik maskapai Emirates. Karena hal itu merupakan bentuk dukungan terhadap pariwisata Bali. Sejak dibukanya penerbangan internasional ke Bali pasca pandemi, maskapai emirates menjadi salah satu maskapai yang ikut menjadi pioner membuka penerbangan ke Bali. Emirates memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Bali. 

“Seperti yang telah kita alami. Tahun 2020-2021, Bali sangat sepi tanpa penerbangan selama masa pandemi Covid-19. Kita sudah pulih dalam menangani pandemi Covid-19, saatnya kita pulih dan bangkit dalam menangani pariwisata dan perekonomian Bali,” ucapnya.

Hal itu juga menjadi bukti bahwa seindah apapun suatu wilayah, sehebat apapun promosi yang dilakukan, tanpa adanya penerbangan maka pariwisata tidak akan bisa berjalan. Pihaknya kembali mengapresiasi manajemen Emirates yang telah mengambil keputusan untuk menambah penerbangan dan menerbangan pesawat berbadan lebar A380 ke Bali. Dimana hal itu menjadi kali pertama di Bali dan di Indonesia. Hal itu menunjukan kepercayaan dari manajemen Emirates terhadap pasar di Bali yang menjadi pasar potensial. 

Pihaknya berharap hal itu akan diikuti oleh penerbangan-penerbangan yang lain. Dengan memulai menerbangkan pesawat berbadan besar ke Bali, sehingga pariwisata Bali akan cepat pulih. Ia juga menyampaikan bahwa dengan dibukanya penerbangan internasional ke Bali tahun lalu berimbas pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali yang cukup signifikan. 

Dijelaskan, tahun 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke Bali mencapai 1,1 juta wisman. Hal itu tergolong masih dalam kondisi setengah sembuh. Kemudian pada tahun 2023 sampai bulan April akhir sudah, kunjungan wisatawan hampir mencapai 1,5 juta. “Itu belum dampak penerbangan Airbus A380. Kalau dilihat perkembangannya sampai bulan April ini sudah mencapai hampir 1,5 juta, maka kira-kira target 4,5 juta pada bulan Desember itu saya kita pasti tercapai,” ungkapnya.

Namun berkaca dari dinamika kedepan, karena pasca bulan april. Apalagi ditambah dengan penerbangan A380, ia memperkirakan akan terjadi peningkatan yang signifikan beberapa bulan kedepan. Mulai Juni, Juli, sampai akhir tahun. Sehingga jika target 4,5 juta itu dipastikan tercapai, ia memiliki firasat target bisa naik 5 juta sampai bulan Desember. 

Hal yang diharapkan saat ini bukan masalah jumlah semata, untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik ke Bali. Namun, bagaimana agar wisatawan yang datang ke Bali dapat berkualitas dan sejalan dengan arah kebijakan Provinsi Bali yaitu pengembangan pariwisata yang berbasis budaya, berkualitas dan bermartabat. Jangan sampai kasus-kasus wisatawan yang berulah kurang baik agar tidak sampai terjadi kembali di Bali. “Kita harapkan wisatawan ke depan adalah wisatawan yang benar-benar menjaga keindahan Bali, menghormati kebudayaan Bali, serta mampu bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan di Bali maupun di Indonesia,” harapnya.

Berkaca dari hal itu, pihaknya telah menerapkan kebijakan Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan pariwisata Bali yang berbasis budaya, berkualitas dan bermartabat. Serta Peraturan Gubernur untuk menata pariwisata Bali secara komprehensif. Kemarin, pihaknya juga mengeluarkan kebijakan baru yang dituangkan dalam Surat Edaran Gubernur Bali No 4 tahun 2023, tentang tatanan baru bagi wisatawan mancanegara selama berada di Bali. 

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak mengenakkan bagi semua pihak, baik di Bali, Indonesia dan di dunia. Sehingga Bali akan dilihat menjadi pulau yang indah, dengan budaya yang unik dan keramahtamahan masyarakatnya. “Dengan kedatangan penerbangan Emirates ini menggunakan tipe A380, kami sangat yakin bahwa penumpang yang diajak merupakan penumpang wisatawan yang berkualitas. Jadi yang kita perlukan adalah wisatawan seperti ini, yang betul-betul menghormati Bali, akan menjaga Bali dan yang utama lama di Bali serta banyak berbelanja di Bali, untuk membantu perkembangan perekonomian di Bali,” imbuhnya sembari berharap Emirates dapat selalu menjadi mitra yang strategis di dalam memajukan pariwisata di Bali dan mempercepat pemulihan pariwisata maupun ekonomi.

Sementara Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates Orhan Abbas mengaku sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi yang apik. Awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen pihaknya pada pasar Indonesia, serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai dan Pemerintah Daerah Bali. 

“Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380, sekaligus merespons tingginya permintaan perjalanan internasional dengan pesawat Superjumbo menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Mohammad Al Attar,lbselaku Emirates Country Manager untuk Indonesia. Penerbangan pesawat A380 ikonik milih pihaknya ke Denpasar akan memberikan kontribusi signifikan dalam melayani peningkatan permintaan pelanggan. “Kami senang dapat mencapai tonggak sejarah ini yang akan memperkuat operasi kami di Indonesia, serta rencana komersial di masa depan untuk pasar Indonesia,” imbuhnya. (SSB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *