DENPASAR – sightseeingbali.id

Paradise Island’s Clothing Association (PICA) Fest, yang merupakan Festival clothing terbesar di Bali, kembali hadir di tahun ini. Festival yang akan digelar selama empat hari, mulai dari 27-30 Juli 2023 berlokasi di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, akan menghadirkan lebih banyak brand clothing, UMKM food and beverage (F&B), dan artis-artis yang akan tampil.

Menurut Ketua PICA Fest 2023, I Gede Andika Paramartha, total tersedia 100 tenant clothing dari 55 brand lokal Bali, 100 tenant F&B, dan 100 talent meliputi 20 talent nasional dan 80 talent lokal Bali yang akan memeriahkan PICA Fest ke-8 ini.

“Berkaca dari PICA Fest 2022, maka PICA Fest 2023 secara event akan memberikan banyak sekali perubahan dan sesuatu yang baru dan segar dalam persiapannya. Mulai dari pembagian informasi di sosial media yang rutin dan padat, persembahan lebih banyak clothing brand dan F&B, venue acara yang dua kali lebih besar, penanganan kendala-kendala tahun lalu, hingga Guest Star dan jumlah performer yang benar benar diminta oleh Pica Mania,” katanya saat memberikan keterangan di Denpasar, Kamis 20 Juli 2023.

Lebih lanjut Andika menambahkan, dengan luas venue yang di-upgrade menjadi 3 hektar, PICA Fest kembali membangun tiga stage dan memperlebar gate masuk maupun keluar.

Pada tahun ini, menurut Humas PICA Fest, I Gusti Made Vebry Iswara, simbol yang diangkat yakni gajah putih. Gajah putih dalam sebuah pertempuran menjadi garda terdepan. Dalam simbolik ini, pihaknya menyampaikan sangat mendukung UMKM di Bali untuk semakin dikenal. “Kami ingin membuka peluang bagi UMKM untuk mengenalkan produknya lebih masif dan juga F&B agar lebih semangat berjualan,” bebernya.

Vebry menyebutkan, untuk harga tiket pre sale via online dijual seharga Rp 60 ribu per hari. Sedangkan untuk tiket on the spot dijual seharga Rp 80 ribu per hari. Estimasinya, jumlah pengunjung yang datang sekitar 20-25 ribu per hari. “Tahun lalu ada 44 brand, tahun ini ada 55 brand, ada brand yang tahun lalu tidak ikut, tahun ini ikut. Kita brand Bali semua agar kebanggaan masyarakat Bali terhadap brand Bali kembali muncul,” ungkapnya.

Sementara itu, CEO PICA Fest, Ida Bagus Brahmadiguna mengungkapkan, perputaran uang yang tercatat via online pada PICA Fest tahun lalu mencapai Rp 8 miliar. Pihaknya menargetkan transaksi tahun ini bisa mencapai Rp 15 miliar. “Karena adanya penambahan booth, ada UMKM yang diregenerasi, UMKM dari pihak sponsor yang telah kita akurasi. Tiket juga kita perbanyak, dan kita menyiapkan brimob dari segi keamanan,” ucapnya.

Lebih lanjut terkait talent yang akan memeriahkan gelaran PICA Fest, akan ada 20 talent nasional, 80 talent lokal Bali, dan berbagai komunitas yang diundang. Artis nasional pada tahun ini ada JKT48, Navicula, Efek Rumah Kaca, Rocket Rockers, Vierratale, Saint Loco, dan masih banyak lagi line up nasional. (SSB)

No

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *