DENPASAR – sightseeingbali.id

Suasana di Quest Hotel San Denpasar, Kamis 14 Desember 2023, terlihat sedikit berbeda. Sebanyak puluhan Executive Chef dan Food & Beverage Manager (FBM), berkumpul untuk berkompetisi pada ajang Black Box Battle.

Kompetisi untuk para Manajer Chef maupun Manager Food & Beverage ini, mengangkat tema “Black Box Battle”, yang digelar Archipelago International. Lomba ini melibatkan sebanyak 20 peserta yang terdiri dari 11 peserta untuk kuliner dan 9 peserta untuk kompetisi minuman. 

Ditemui di sela kegiatan, Corporate Executive Chef Archipelago International, Chef Denny Frederick, menjelaskan, yang bertanding ini adalah executive Chef dari Bali dan dari Lombok. Konsep Black Box ini bertujuan untuk memancing kreativitas para chef dalam menciptakan menu dengan memanfaatkan bahan dan bumbu yang berada di dalam Black box tersebut. “Dalam kompetisi ini, selain presentasi yang up to date dan kompetitif, nilai yang paling tinggi adalah taste atau rasanya,” kata dia menjelaskan, saat konferensi pers yang digelar sebelum kompetisi dimulai.

General Manager Quest San Denpasar, Yono Sulistyo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta dari seluruh executive chef dan Food and Beverage Manager (FBM), yang ada di Bali dan lombok. Terutama peserta dari 11 properti Archipelago yang mengikuti kompetisi ini. Pihaknya berharap, dengan adanya kompetisi ini, tentu nantinya makanan akan menjadi unique selling di hotel yang dikelola. Tamu yang datang, bukan hanya melihat kamarnya keren, kolamnya yang bagus. Namun selain itu, yang terpenting menjadi unggulan adalah makanannya.

“Secara teknis kompetisi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas rasa dan hidangan makanan yang disajikan di restoran hotel. Jadi tamu datang ke sini bukan hanya sekadar merasakan fasilitas kamarnya saja tapi juga bisa menikmati hidangan yang lezat,” ucapnya.

Sementara itu,  Corporate Food & Beverage Manager Archipelago International, Denny Wasana, menambahkan, dalam kompetisi ini, sengaja yang dilibatkan sebagai peserta yang merupakan chef leadernya langsung. Karena menurutnya, sebagai pemimpin, mereka harus bisa memberikan contoh dan kreativitas dalam timnya. “Untuk membawahi departemen tersebut, agar menghasilkan value lebih besar karena mereka kreatif dan kompetitif,” bebernya.

Winston Hanes selaku Vice President of Operations Archipelago International menyampaikan rasa bangga dapat menyelenggarakan kompetisi bergengsi yang digelar untuk kali kelimanya di Indonesia. “Semoga ini dapat meningkatkan value dari Hotel-hotel dibawah naungan Archipelago International,” katanya.

Senior Director of Corp Comms & Public Relation Archipelago Internationals, Sari Kusumaningrum, selain meningkatkan kualitas para Chef diantara Archipelago, ajang ini juga sebagai bentuk peduli pada chef generasi muda. Maka itu, dalam ajang Black Box Battle ini melibatkan peserta setingkat SMK. Di tahun 2024 nanti, Archipelago akan membuat 15 even di Indonesia. “Junior chef ini untuk memenangkan piala dari Chairman Archipelago,” paparnya.

Pada kompetisi Black Box Battle ini, para peserta disuguhkan kotak hitam yang berisi beberapa bahan baku rahasia yang disiapkan oleh panitia untuk diolah menjadi 2 menu dalam waktu 60 menit saja. Selain diikuti Chef Leader setiap Hotel berbintang, acara ini juga dihadiri langsung para siswa SMK yang dapat menjadikan Black box battle ini sebagai ajang pelatihan. Pada acara ini, juga digelar kompetisi untuk membuat minuman, dalam waktu 30 menit saja yang diracik oleh FBM, masing-masing hotel. (SSB1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *