MANGUPURA – sightseeingbali.id

Libur panjang Natal dan tahun baru 2024, ruas jalan di Bali, padat kendaraan. Terutama ruas jalan dari Kuta menuju kawasan Nusa Dua, tepatnya di simpang Dewa Ruci, Kuta, Selasa 26 Desember 2023.

Dari pantauan di lokasi, sejak pagi hari, underpass simpang Dewa Ruci dari dan menuju Nusa Dua, tampak pada lancar. Banyak kendaraan luar Bali yang lalu-lalang selama libur Natal dan tahun baru (Nataru). 

Kadis Perhubungan Badung, A.A. Ngurah Rai Yuda Darma membenarkan hal itu. Diakuinya, memang adanya penumpukan kendaraan di ruas jalan underpass Simpang Dewa Ruci. Kondisi kata dia, pasti terjadi saat momen liburan akhir tahun. Yang mana, kemacetan ini diakibatkan bertambahnya volume kendaraan.

“Kemacetan tersebut diakibatkan oleh penambahan volume kendaraan di ruas jalan akibat libur Natal dan Tahun Baru. Ini rutin terjadi setiap tahun ditambah lagi usaha oleh-oleh di ruas jalan yang parkirnya tidak nampung kendaraan,” katanya  Selasa 26 Desember 2023.

Namun demikian, kepadatan lalu lintas ini, tidak menjadi atensi Dishub Badung. Hal itu karena pihaknya fokus pada pengamanan arus kendaraan di Pantai Kuta dan Pospam Tibubeneng. 

Dalam hal ini pihaknya dari Dishub Badung, bertugas membantu kepolisian untuk penjagaan dan pengaturan dengan plotting petugas di beberapa simpang menuju destinasi wisata. 

“Tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas, kita bantu personil dan kendaraan apabila diperlukan. Mengingat kewenangan di jalan, ada di rekan kepolisian, termasuk tindakan menderek merupakan kewenangannya,” katanya.

Sementara, untuk peningkatan volume kendaraan akan dipantau melalui CC Room dengan 36 kamera CCTV di 34 persimpangan. “Selain kekuatan personil untuk kegiatan penjagaan, pengamanan, dan pengaturan lalu lintas selama Nataru, kami juga memantau pergerakan kendaraan melalui CC Room dengan 36 kamera CCTV di 34 persimpangan,” ujarnya (SSB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *