MANGUPURA – sightseeingbali.id

Sehari sebelum tahun Baru Imlek 2575, Jumat 9 Februari 2024, warga keturunan tionghoa di Vihara Dharmayana Kuta, kembali menggelar kirab Barongsai, berkeliling Kuta. Kirab yang diikuti hampir ribuan umat ini, juga diisi dengan persembahyangan kepada semesta secara tradisi Tionghoa atau sering disebut dengan prosesi tolak bala.

Penanggung Jawab Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, mengatakan, kirab ini diisi dengan penampilan sebanyak 5 Barongsai dan satu Liong atau Naga. Untuk kirab dan sembahyang tolak bala, diawali di depan gerbang vihara dan dilanjutkan di masing-masing perempatan jalan yang dilewati.

“Dari depan pintu masuk Vihara, persembahyangan tolak bala dilanjutkan ke perempatan di Jalan Kalianget Blambangan Kuta, lanjut ke perempatan Kalianget-Bakung Sari, bergeser kearah Pura Desa Adat Kuta kemudian ke perempatan Banjar Temacun dan kembali ke Vihara,” katanya saat ditemui usai prosesi, dikutip dari baliprawara.com.

Melalui kirab Barongsai ini, pihaknya berharap, penampilan Barongsai dan Liong ini, bisa menetralisir hal-hal negatif yang ada. “Hari ini merupakan tutup tahun berakhirnya tahun baru imlek 2574. Harapannya Barongsai dan Liong yang merupakan of Dewa-Dewi bisa menetralisir hal-hal negatif,” harapnya.

Semoga alam dan mahluk-mahluk di alam bawah bisa menerima persembahan ini. Sehingga, di hari tahun baru imlek 2575, umat bisa melalui dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. (SSB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *