SINGARAJA- sightseeingbali.id

Air Terjun Gitgit atau yang biasa disebut dengan Surganya Bali Utara merupakan salah satu dari 16 air terjun yang ada di Buleleng. Namun air terjun ini adalah air terjun yang paling populer di Bali Utara. 

Air Terjun ini berada di Kecamatan Sukasada, tepatnya di Desa Gitgit, Kabupaten Buleleng, Bali. Dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan pepohonan yang rimbun. Air terjun ini memiliki daya tarik yang tak tertandingi bagi para wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

Ketinggian air terjun ini sekitar 35 meter, membuatnya terlihat megah ketika airnya jatuh dari tebing batu yang tinggi ke kolam di bawahnya. Suara gemuruh air yang jatuh menambah kesan dramatis dari keindahan alam yang memukau.

Konon, menurut cerita masyarakat setempat pada saat jaman kolonial Belanda, air terjun ini menjadi tempat mandi favorit bagi tentara Belanda yang bermarkas tak jauh dari sana. Yang kemudian pada tahun 1939, air terjun ini mulai dikembangkan sebagai tempat wisata oleh Kepala Liefring Van Der Tuuk, yang namanya dikenang dalam museum Gedong Kirtya.

Untuk estimasi waktu tempuh, jika dari Kuta, Seminyak, Canggu, Legian, Jimbaran, Tanjung Benoa, atau Nusa Dua: sekitar 2 jam 30 menit (80 km). Jalan yang ditempuh untuk menuju air terjun gitgit memiliki tanjakan dan turunan yang curam dan berliku-liku. Waktu ideal untuk datang kesini adalah di pagi hingga siang hari, karena di sore hari terkadang diselimuti kabut yang tebal. 

Air terjun gitgit buka pukul 08:00 sampai 18:00 WITA. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, diperlukan tiket masuk. Cukup dengan Rp.20.000 saja anda sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Gitgit.

Sightseeingbali, Ya Liburan Ya Jalan-jalan…!!!

(SSB3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *