MANGUPURA – sightseeingbali.id

Kompetisi bartender dengan tema “Bartender Speed and Accuracy Challenge”, digelar Himpunan Bartender Indonesia (HBI), di Sky Garden Bali, Legian, Kecamatan Kuta, Badung, Senin 13 Mei 2024. Event ini, diikuti sebanyak 32 bartender, untuk memperebutkan total hadiah Rp 13 juta.

Ditemui di Sky Garden, Ketua panitia lomba, Putu Widhiantara, menyampaikan, Bartender Speed Accuracy Challenge ini, diikuti sebanyak 32 peserta, yang pendaftaran peserta dilakukan pada April. Kompetisi ini dibuka untuk umum dan secara nasional. Meski dibuka secara nasional, namun kata dia, untuk jumlah peserta, masih didominasi peserta dari Bali, dan hanya ada 1 orang peserta dari Medan. “Dari total jumlah peserta itu, ada 3 orang merupakan peserta perempuan,” kata Jack, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dikatakan, dukungan dari Sky Garden Bali menurutnya sangat pas dengan visi dan misi dari HBI dan The Bar Times. Yakni, memiliki tujuan untuk mendukung kegiatan positif dalam upaya memajukan pariwisata. Khususnya pariwisata Kuta yang selama ini kunjungan wisatawan mulai menurun.

“Dengan kembali dibukanya Sky Garden ini, kami berharap, melalui kompetisi ini, bisa memancing antusiasme masyarakat untuk melirik kembali Kuta sebagai tujuan wisata,” ucapnya.

Terkait teknis penilaian, dimulai dari 32 besar, 16 besar, 8 besar, semi final dan terakhir Final. Pemenang akan mendapatkan piala, yang mana untuk piala memang didesain khusus untuk kompetisi ini. “Jadi setiap seri dari speed accuracy challenge, akan memiliki piala yang berbeda dan hanya 1 piala,” terangnya.

Terkait total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 13 juta. Dari total hadiah itu, jika dirinci untuk Juara 1 sebesar Rp 6jt, juara 2 sebesar Rp 4jt, Juara 3 sebesar Rp 2jt, dan Juara 4 sebesar Rp 1jt.

Wakil Ketua HBI Adi Jaya menambahkan, kompetisi ini membawa Suasana baru, yang sangat berbeda dengan kompetisi sebelumnya. Yang mana, jenis kompetisi ini adalah speed accuracy. Jadi, bartender ditantang  untuk membuat minuman secepat-cepatnya. Karena hal ini sangat berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan di tempat kerja masing-masing.

“Untuk itu, kita membawa nuansa dengan konsep yang baru, kita mengadakan speed accuracy ini untuk men challenge mereka, apakah mereka cukup cepat dalam menyajikan minuman itu,” ucapnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga berharap, bisa membangun kembali pariwisata di Kuta, yang sempat menurun dari jumlah kunjungan.

Sementara itu, General Operation Manager Sky Garden Bali, Danny Kadarusman, sangat mendukung kompetisi ini. Ia berharap, melalui event ini akan muncul bartender-bartender muda yang profesional.

Lebih lanjut kata Danny, SKY Garden Bali telah mulai buka kembali sejak Januari 2023. Dibukanya kembali klub malam yang sangat populer di Kuta ini, tentu untuk meramaikan lagi pariwisata dan wisata di Kuta. “Sky Garden Bali saat ini, dengan manajemen baru, pemilik Baru dan wajah baru,” katanya. (SSB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *