MANGUPURA – sightseeingbali.id

Pasca Covid-19, tingkat kunjungan wisatawan ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, terus meningkat. Hal ini dipengaruhi meningkatnya angka kedatangan melalui Bandara Ngurah Rai. 

Manager DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, Wayan Wijana, sejak bulan Juni dan Juli 2022, angka kunjungan ke DTW Uluwatu mencapai angka 6.000 orang per hari. Namun, saat low season, jumlah kunjungan mencapai angka 3.000-3.500 orang per hari.

Namun kata Wijana, jumlah kunjungan mengalami peningkatan cukup signifikan, terjadi pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 lalu. Yang mana, tingkat kunjungan mencapai sebanyak 7.000 orang dalam sehari. “Untuk kunjungan saat ini berangsur-angsur naik seperti pada bulan Juni dan Juli sudah mencapai angka 6.000 kunjungan per hari. Pada kondisi tertentu (low season) di angka 3.000 sampai 3.500. Peningkatan signifikan terlihat pada periode libur Nataru 2022/2023, mencapai 7.000 kunjungan dalam sehari,” kata Wijana, Selasa 24 Januari 2023.

Manager DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, Wayan Wijana.

Meski jumlah kunjungan terus meningkat selama tahun 2022, namun angka kunjungan tersebut masih jauh dibandingkan masa sebelum pandemi Covid-19. Saat itu, jumlah kunjungan bisa mencapai 4.000 sampai 4.500 saat low season. Sedangkan pada  middle season, bisa mencapai 6.000 kunjungan, dan saat high season tembus 9 ribu hingga 12 ribu per hari.

Wayan Wijana menambahkan, wisatawan asal Australia, masih menjadi negara penyumbang nomor satu untuk kunjungan Wisman di DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu. Kemudian disusul negara-negara dari Eropa, Asia dan India.

Saat ini lanjut Wijana, kecenderungan wisman India mulai meningkat dan bahkan menyalip angka kunjungan wisman dari negara-negara dari Asia Tenggara.

Disinggung terkait telah dibukanya Border Internasional dari negara Tiongkok, Wayan Wijana berharap masyarajat Tiongkok bisa kembali bepergian ke luar negeri. Tenti hal ini juga  dapat meningkatkan kunjungan wisman ke DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu.

Yang mana kata dia, persentase kunjungan wisatawan ke DTW Uluwatu selama ini, masih didominasi dari mancanegara, hingga 70 persen dari total kunjungan. Namun demikian, saat ini kunjungan wisatawa domestik, mulai  mengalami peningkatan menjadi 35 hingga 40 persen penyumbang angka kunjungan.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya border di Tiongkok harapan kami hal itu dapat memberikan perubahan tingkat kunjungan atau pertumbuhan kunjungan. Karena wisman dari Tiongkok itu menempati urutan teratas penyumbang kunjungan,” bebernya. (SSB1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *